Tugas ipa (generator senderhana)

Generator Sederhana

Pengertian Generator
       
Generator adalah mesin listrik yang mengubah daya mekanis menjadi daya listrik. Mesin listrik dapat berupa generator dan motor dan berdasarkan arah arusnya mesin listrik terbagi atas mesin listrik arus searah dan mesin listrik arus bolak-balik.

Prinsip Kerja Generator

1. prinsip kerja generator arus bolak balik (alternator) : gerakan turbin menyebabkan kumparan bergerak di dalam medan magnet. perputaran kumparan dalam medan magnetik menyebabkan perubahan jumlah garis gaya magnetik yang dilingkup oleh kumparan, sehingga menimbulkan ggl induksi antara kedua ujung kumparan. arus listrik yang dihasilkan generator dialirkan melalui cincin logam (cincin geser) sehingga menghasilkan arus listrik yang arahnya bolak balik.

2. prinsip kerja generator arus listrik searah : putaran turbin menyebabkan putaran kumparan di dalam medan magnetik, sehingga terjadi perubahan jumlah garis gaya magnetik yang dilingkupi kumparan. kedua kumparan menghasilkan ggl induksi, dan dalam rangkaian mengalir arus listrik induksi. cincin belah atau komutator pd generator arus searah berfungsi sebagai pengubah arah arus listrik yang terjadi dalam rangkaian sehingga menghasilkan arus listrik searah

Contoh rancangan generator arus searah :


Alat dan bahan :
1. CD/DVD Bekas 2 Keping
2. Potongan Foam kubus
3. Roler bekas gulungan benang jahit
4. Potongan Pipa Paralon/PVC
5. Karet gelang atau karet pentil
6. Sedotan plastik 2 buah
7. Roler plastik kecil/bisa dibuat dari selotip plastik
8. Ring Besi
9. Foam berbentuk lingkaran
10. Magnet
11. Tutup Botol Minuman plastik
12. Kawat lilitan tembaga
13. Kabel
14. Mur dan baut
15. Ruji bekas sepeda
16. Lampu LED
17. Kayu sebagai dasar dan penahan

Kesimpulan bagaimana generator bisa menghasilkan listrik :

Generator adalah mesin listrik yang mengubah daya mekanis menjadi daya listrik. Mesin listrik dapat berupa generator dan motor. Berdasarkan arah arusnya, generator terbagi atas generator arus searah dan generator arus bolak-balik.

         Prinsip kerja dari generator arus searah berdasarkan hukum Induksi Farraday adalah “jika sepotong kawat terletak di antara kutub-kutub magnet, kemudian kawat tersebut digerakkan, maka di ujung kawat ini timbul gaya gerak listrik (GGL) karena induksi.

         Generator arus searah terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:
1. Generator DC tanpa penguat medan.
2. Generator DC dengan penguat medan.

         Untuk memberi tenaga pada suatu beban kadang-kadang diperlukan kerja paralel dari dua atau lebih generator. Pada penggunaan beberapa buah mesin perlu dihindari terjadinya beban lebih pada salah satu mesin. Kerja paralel generator juga diperlukan untuk meningkatkan efisiensi yang besar pada perusahaan listrik umum yang senantiasa memerlukan tegangan yang konstan.

          Governor beroperasi pada mesin penggerak sehingga generator menghasilkan keluaran arus yang dapat diatur dari 0% sampai dengan 100% kemampuannya. Jadi masukan ke mesin penggerak sebanding dengan keluaran arus generatornya atau dengan kata lain pengaturan governor 0% sampai dengan 100% sebanding dengan arus generator 0% sampai dengan 100% pada tegangan dan frekuensi yang konstan.

         Saat ini, manfaat generator sangat berarti bagi masyarakat, baik yang bergelut di industri maupun untuk pribadi. Untuk industri, dapat kita ambil contoh generator yang dipakai pada pusat listrik tenaga uap biasanya berjenis medan putus dan merupakan sistem udara tertutup. Lain halnya dengan generator pusat listrik tenaga air, yang mneggunakan sistem udara terbuka, dimana ketika air yang dibendung di dalam waduk dilepaskan ke dalam jalur yang di dalamnya ada turbin yang terhubung ke poros generator, sehingga menyebabkan generator tersebut berputar. manfaat generator di sini ialah putarannya yang menghasilkan listrik.

          Pemanfaatan generator untuk sumber daya listrik merupakan pilihan utama dalam penggunaan generator, karena seperti ketahui bersama bahwa listrik merupakan kebutuhan yang penting bagi masyarakat. Pada tiap – tiap pembangkit listrik tentunya menggunakan generator sebagai pengubah daya dari mekanis ke listrik.

         Generator juga bermanfaat untuk mendapatkan tenaga utama bagi pabrik–pabrik yang bergerak di dunia industri, seperti pada pabrik semen, tekstil, perbengkelan, dan sebagainya. Jadi, pada intinya manfaat generator sangat berarti bagi masyarakat terlebih jika generator tersebut menghasilkan listrik.

Komentar